PERILAKU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENGUSAHA PANCI DANDANG DI KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR

  • Herminawaty Abubakar Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Bosowa

Abstract

Industri panci dandang merupakan salah satu usaha yang berkembang dalam skala industri kreatif di Kota Makassar. Usaha panci banyak diusahakan oleh pelaku usaha di Kota Makassar.  Usaha panci dandang ini, selain akan membantu meningkatkan pendapatan pengusaha panci dandang itu sendiri, juga dapat mengurangi angka pengangguran di daerah sekitar industri. Permintaan panci dandang  semakin meningkat dari waktu ke waktu, namun pelaku usaha belum bisa memenuhi semua permintaan yang ada. Masalah utama dari usaha panci dandang  ini yaitu keterbatasan modal, kemampuan sumber daya manusia dan manajemen usaha, sehingga berdampak pada kuantitas, kualitas dan kontinuitas. Namun demikian, meskipun usaha ini terkendala dengan keterbatasan modal, sumber daya manusia dan manajemen, para pelaku usaha tetap bertahan pada usaha panci dandang ini meskipun perkembangan usaha tersebut tidak signifikan.
Hasil kegiatan ini adalah perubahan pola pikir pengusaha/pengrajin panci dandang dalam mengelola usaha yang berorientasi pada pengembangan usaha berkelanjutan, terciptakan perilaku kewirausahaan yang tertuang dalam bentuk peningkatan kreativitas inovasi, motivasi dan keterampilan, dan meningkatkan pendapatan pengusaha panci dandang melalui perluasan pangsa pasar, peningkatan inovasi, efesien dan efektif dalam produksi, serta tata kelola usaha yang baik.

Published
Feb 8, 2018
How to Cite
ABUBAKAR, Herminawaty. PERILAKU KEWIRAUSAHAAN TERHADAP PENINGKATAN PENDAPATAN PENGUSAHA PANCI DANDANG DI KECAMATAN BONTOALA KOTA MAKASSAR. Ecosystem, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 1071-1075, feb. 2018. ISSN 2527-7286. Available at: <http://ecosystem.unibos.id/index.php/eco/article/view/110>. Date accessed: 06 aug. 2020.