TINJAUAN KRIMINNOLOGIS PENIPUAN DENGAN CARA HIPNOTIS STUDI DI KOTA MAKASSAR

  • Herwin - Program pascasarjana Program studi Magister Ilmu Hukum Universitas Muslim Indonesia

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui penyebab utama terjadinya kejahatan penipuan dengan cara hipnotis dalam Kota Makassar. Untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh para penegak hukum dalam menanggulangi kejahatan penipuan dengan cara hipnotis dalam Kota Makassar.
Tipe penelitian ini adalah penelitian yuridis empiris yaitu studi yang meninjau sebagai pola perilaku dalam wujud pranata sosial serta jenis dan sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder dengan teknik pengumpulan data wawancara dan studi kepustakaan dan menggunakan analis data secara deskriptif kualitatif yaitu metode yang mengelompokkan dan menyeleksi data yang diperoleh oleh penelitian lapangan menurut kualitas yang sebenarnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : dari hasil penelitian yang dilakukan maka disimpulkan bahwa, faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan penipuan dengan cara hipnotis meliputi : faktor ekonomi sebagai faktor utama, faktor lingkungan, faktor kesempatan dan faktor pendidikan. Upaya-upaya penanggulangan kejahatan penipuan dengan cara hipnotis dapat dilakukan adalah dengan upaya pre-emtif, seperti: memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat, menyebarkan spanduk berupa informasi yang dapat dibaca oleh semua orang. selanjutnya upaya preventif seperti : melakukan patroli keliling di kota Makassar dan pemasangan CCTV pada setiap daerah yang diketahui rawan tindakan kriminal. Dan upaya refresif yaitu langsung diproses dan dijatuhi hukuman sesuai dengan pasal dan undang-undang yang berlaku untuk memberikan efek jera terhadap pelaku.

Published
Feb 8, 2018
How to Cite
-, Herwin. TINJAUAN KRIMINNOLOGIS PENIPUAN DENGAN CARA HIPNOTIS STUDI DI KOTA MAKASSAR. Ecosystem, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 1099-1104, feb. 2018. ISSN 2527-7286. Available at: <http://ecosystem.unibos.id/index.php/eco/article/view/113>. Date accessed: 06 aug. 2020.