PENATAAN SDM MENUJU PENGUATAN EKONOMI PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) DI KOTA MAKASSAR, INDONESIA

  • Hernita - Dosen STIM Lasharan Jaya Makassar

Abstract

Jenis penelitian kualitatif menggunakan pendekatan Fenomenologi . Sumber data dalam penelitian ini meliputi: 1) Sumber Data Primer, 2) Sumber Data Sekunder. Instrument penelitian ini merupakan peneliti sendiri, yang dimana peneliti sebagai instrumen untuk mendapatkan data yang akurat dibekali dengan bermacam-macam metode.
Realitas di Kota Makassar membuktikan bahwa ada kecenderungan tidak seimbanganya antara penyediaan sumber daya manusia yang berkualitas dengan laju perubahan yang terjadi. Hal tersebut kemudian berakibat pada terjadinya distorsi antara kebutuhan tenaga yang memiliki keahlian, keterampilan dan kompotensi tertentu yang tidak mampu disiapkan dari lembaga pendidikan terhadap tingkat kebutuhan sumber daya manusia di masyarakat. Padahal pemenuhan terhadap kebutuhan tersebut seharusnya didapatkan dari luarĀ  lembaga pendidikan yang ada. Perubahan drastis dari orde Baru menjadi orde reformasi seharusnya menjadi pijakan dasar keharusan pendidikan untuk melakukan reorientasi ulang terhadap sistem dan pola pelaksanaan pendidikan nasional.

Published
Feb 8, 2018
How to Cite
-, Hernita. PENATAAN SDM MENUJU PENGUATAN EKONOMI PADA PELAKU USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH ( UMKM ) DI KOTA MAKASSAR, INDONESIA. Ecosystem, [S.l.], v. 18, n. 1, p. 1154-1162, feb. 2018. ISSN 2527-7286. Available at: <http://ecosystem.unibos.id/index.php/eco/article/view/120>. Date accessed: 06 aug. 2020.