PENERAPAN METODE “BRAINSTORMING” PADA DIKLAT MASYARAKAT BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN AREN KABUPATEN PANGKEP

  • Pemilu Arman Labahi Widyaiswara Madya BDLHK Makassar

Abstract

Brainstorming merupakan salah satu metode pembelajaran yang menerapkan cara agar seluruh  peserta belajar dapat mengeluarkan ide dan gagasan tentang suatu masalah yang diberikan oleh pengajar atau fasilitator. Metode brainstorming efektif untuk dilakukan dalam pembelajaran, khususnya pada kegiatan belajar (pelatihan) yang sifatnya teknis keterampilan yang menjadi kegiatan keseharian atau sering dilakukan oleh peserta belajar.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Penerapan Metode Brainstorming pada Diklat Masyarakat Budidaya dan Pengolahan Aren”. Berdasarkan permasalahan tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Metode Brainstorming pada Diklat Masyarakat Budidaya dan Pengolahan Aren, dari aspek pengetahuan awal peserta diklat tentang substansi pokok bahasan dalam mata diklat teori, dan persepsi peserta diklat terhadap penerapan Metode Brainstorming.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara mendalam terhadap sumber data (responden) yang dipilih secara purposive sampling, selain itu peneliti melakukan observasi atau pengamatan langsung pada kegiatan Diklat Masyarakat Budidaya dan Pengolahan Aren.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Metode Brainstorming ditinjau dari aspek pemahaman awal terhadap substansi pokok bahasan oleh peserta diklat sudah sangat memadai, sedangkan pada aspek persepsi peserta diklat terhadap penerapan Metode Brainstorming pada kegiatan Diklat Budidaya dan Pengolahan Aren mendapat respon yang sangat baik oleh peserta diklat.

Published
Apr 26, 2019
How to Cite
LABAHI, Pemilu Arman. PENERAPAN METODE “BRAINSTORMING” PADA DIKLAT MASYARAKAT BUDIDAYA DAN PENGOLAHAN AREN KABUPATEN PANGKEP. Ecosystem, [S.l.], v. 19, n. 1, p. 01-09, apr. 2019. ISSN 2527-7286. Available at: <http://ecosystem.unibos.id/index.php/eco/article/view/139>. Date accessed: 17 sep. 2019.